Rabu, 17 Desember 2008

SILSILAH MARGA SI RAJA HASIBUAN

MENGENAL SILSILAH MARGA Si RAJA HASIBUAN;
Marga sebagai identitas diri khususnya bagi masyarakat suku batak, merupakan salah satu identitas dalam membina kekompakan serta solidaritas sesama anggota marga sebagai keturunan dari satu leluhur, sehingga keutuhan marga - marga itu dalam kehidupan sistem " Dalihan Na Tolu " akan tetap abadi dan lestari sepanjang masa.
Dimana fungsi marga itu adalah sebagai landasan pokok yang menganut ketertiban dalam masyarakat suku batak mengenai seluruh jenis hubungan seperti adat dalam pergaulan sehari-hari, dalam adat Dalihan Na Tolu dan sebagainya. Dalam silsilah masyarakat suku batak ( dalam struktur tarombo) bahwa si Raja Hasibuan adalah keturunan dari si Raja Sobu, si Raja Sobu yang hidup pada abad XV atau sekitar tahun 1455 adalah keturunan ke V dari si Raja Batak, ayahnya bernama Tuan Sorbadibanua yang memiliki dua orang istri yang pertama bernama Nai Anting Malela dan memiliki anak lima orang dan istrinya yang ke dua bernama si Baru Basopaet ( Putri Mojopahit) PUTRI Raja Majapahit adek kandung dari Raden Widjaya dan memiliki anak tiga orang.Si Raja Sobu memiliki dua orang anak putra yang bernama Raja Tinandang atau lebih dikenal dengan bernama Toga Sitompul dan si Raja Hasibuan.
Di masa kecilnya, Toga Sitompul dan si Raja Hasibuan tinggal bersama orang tuanya di Desa Lobu Galagala yang terletak di kaki Gunung Dolok Tolong ( Kabupaten Toba Samosir saat ini ) dan setelah beranjak dewasa si Raja Hasibuan pergi merantau ke Desa Sigaol - Uluan dan menetap disana yang pada akhirnya menjadi bonapasogit marga Hasibuan, dan iapun mangalap boruni rajai boru Simatupang dari Muara.
Si Raja Hasibuan memiliki lima anak (putra) dan lima boru (putri), anak pertama bernama Raja Marjalo dan tinggal di Sigaol - Uluan dan tetap memakai marga Hasibuan, namun setelah berumah tangga Raja Marjalo membuat atau membuka perkampungan baru yang bernama Hariaramarjalo di Lumban Bao Sigaol saat ini, Hariara (pohon Ara) marjalo (namanya) dan membuat pertanda dengan menanam pohon Hariara (Ara) yang sampai saat ini masih berdiri kokoh, dan disampingnya telah dibangun Monumen si Raja Hasibuan yang sudah diresmikan pada tahun 2002 lalu. Anak ke dua adalah bernama Guru Mangaloksa, pergi merantau ke daerah Silindung dan menetap disana di kampung Marsaitbosi dan menikah dengan marga boru (putri) Pasaribu. Keturunan Guru Mangaloksa telah memakai nama/marga baru yaitu Marga Hutagalung, Marga Hutabarat, Hutatoruan dan Marga Panggabean. Kemudian keturunan marga Hutatoruan menjadi marga Hutapea dan marga Lumbantobing, sementara keturunan marga Panggabean ada yang memakai marga Simorangkir dan keturunan dari Guru Mangaloksa ini dikemudian hari di kenal dengan sebuatan " SI OPAT PUSORAN ". Menurut cerita, bahwa sebahagian keturunan Guru Mangaloksa yang merantau ke Tapanuli Selatan Sipirok tetap memaki marga Hasibuan, begitu juga dengan marga Hasibuan dan marga Lumbantobing yang bermukin di Laguboti. Anak ketiga dari si Raja Hasibuan adalah Guru Hinobaan, pergi merantau ke Barus/Sibolga atau Asahan tetap memakai marga Hasibuan. Anak ke empat adalah bernama Guru Maniti dan ini dikabarkan pergi merantau ke daerah Aceh ( Nangro Aceh Darussalam saat ini) kemungkinan keturunan inilah yang mengaku batak sampulu pitu (17) ? yang bermukin di kabupaten Alas saat ini, dan hingga saat ini Parsadaan Pomparan ni Raja Hasibuan dimanapun berada masih menanti kembalinya keturunan anak yang hilang ini. Anak kelima adalah Guru Marjalang, pergi merantau ke Padang Bolak/Sibuhuon Tapanuli Selatan tetap memakai marga Hasibuan.
Sedangkan ke lima boru (putri) si Raja Hasibuan adalah bernama si Boru Turasi marhamulion/marhuta (kawin) dengan marga Sitorus Pane di Lumban Lobu, si Boru Tumandi marhamulion/marhuta (kawin) ke marga Panjaitan di Sitorang, si Baru Taripar Laut marhamulion/marhuta (kawin) dengan marga Simanjuntak di Sitandohan Balige, si Boru Sande Balige ke marga Siahaan di Hinalang Balige dan si Boru Patar Nauli ke marga Siringoringo di Muara, dan ketika diadakan perayaan Monumen si Raja Hasibuan di Lumban Bao Hariaramarjalo tahun 2002 lalu semua perwakilan dari si Raja Hasibuan dan boru hadir bersama rombongan masing - masing, kecuali keturunan dari Guru Maniti yang tidak hadir.
Hingga saat ini, hukum dan tatanan adat tidak memperbolehkan marga Hasibuan untuk menikah dengan keturunan Guru Mangaloksa, walaupun berlainan marga begitu juga sebaliknya, tetapi anehnya sesama keturunan Guru Mangaloksa yang berbeda marga boleh dijadikan suami atau istri. Paling anehnya lagi, marga Hasibuan disebut tidak memiliki Pogu (empedu) katanya: Hasibuan na so marpogu on ( Hasibuan yang tidak punya Empedu ini ), rupanya waktu mudanya si Raja Hasibuan sering " Lari Pagi " bersama kuda kesayangannya, sehingga para tetangga secara iseng memberi julukan " na songon hoda mi do ho dang olo loja "(rupanya kamu seperti kudamu, tidak mau letih),"katanya, atau apakah memang kuda tidak memiliki Empedu ? atau barang kali si Raja Hasibuan dulunya adalah pekerja keras sehingga para adeknya semua berhasil mendapat gelar GURU.
Sejarah adalah suatu kisah masa lalu yang kemungkinan besar sulit diyakini dan dipercaya, bahwa sesuatu yang diceritakan itu benar adanya, namun alanhgkah baiknya kita sebagai generasi penerus sejarah meyakini dengan harapan dapat meluruskan suatu sejarah itu untuk sama - sama memahami demi kemajuan bersama, agar generasi yang akan datang sebagai generasi penerus dengan nilai positif untuk mengetahui asal usul leluhur marga, misalnya marga Hasibuan.
erlin hasibuan parsaba langit.

90 komentar:

  1. appara....saya hasibuan yang kebetulan tercampak ke daerah selatan, tepatnya kecamatan sosa berbatasan dengan pekan baru riau, gimana ini sebenarnya kisah marga hasibuan ini...?? ko' banyak versi..ada yang mengatakan yang ke selatan adalah keturunan guru mangaloksa ada juga yang mengatakan keturunan guru hinobaan, berbeda dengan versi yang appara jabarkan keturunan guru marjalang, mohon penjelasannya appara...atau kalau appara berkenan boleh ke email hutarajalama@yahoo.com sebelumnya saya ucapkan terimaksih....horas......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda kurang sopan memakai kata tercampak pada keturunan si Raja Batak. Begini, saya sangat c0ncern pada Tarombo Batak. Maaf yah setahu saya anak Toga Hasibuan ada 5, yakni: 1. anak I (Siahaan/Siakkaan) namanya Raja Manjalo keturunannya di Kab.Tobasa; 2. Guru Mangaloksa memperanakkan marga Hutabarat, Panggabean, Hutagalung dan Lumbantobing mereka di Tarutung; 3. Guru Hinaboan, keturunannya di Aslab dan Tapteng; 4. Raja Parjalang (sesuai namanya beliau marjalang ke Padang Lawas) keturunannya di Paluta, Barumun sampai perbatasan wilayah kerajaan Batak di Dalu-dalu/Riau; 5. Raja Maniti merantau ke Aceh Selatan. Sai ma na bisa hututurkon dah Kahanggi, ai au pe anak angkat ni Bpk. Makmur Hasibuan do di Paringgonan - Barumun.

      Hapus
    2. betul d rohul atau pasir pangarayan sampe dalu2 banyak marga hasibuan

      Hapus
    3. Dasopang itu hasibuan juga ya?
      Ada yg bilang gitu bingungg

      Hapus
    4. Terimah kasih Opung atas sejarah yang Opung ceritakan ini. Taro bo memang sangat penting di generasi batak karena di situlah dasar asal usul kita. Saya Ramses HL Tobing. No. 16 lahir di Aek Kulim. Mandalasena Kota pinang.... Memang dulu katanya dan memang ada kebenaran nya setiap marga si Opat Pisoran merantau di daerah panombangan maka dia akan kembali memakai marga Opui Hasibuan... Maka ada istilah di sebut Hasibuan T. Berarti dia sebenarnya marga Tobing. Hasibuan P berarti dia aslinya marga Panggabean.....

      Hapus
  2. @ampara ari:
    Kalau ingin tahu lebih jelas, silahkan baca buku tarombo dan legenda raja hasibuan dan pinompar, terbitan CV. Lider Jakarta, karangan Drs. Marsudin Hasibuan.
    Buku itu merupakan inti sari dari hasil seminar pembakuan tarombo oleh punguan Raja hasibuan dan boru sejabotabek tahun 1995.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. terimaksih atas pemberitahuannya.. jujur rumit bangatttttttttttttttttttttt....hehheh

    BalasHapus
  4. Sabenarnya saya ragu dengan berbagai pendapat mengenai marga hasibuan. Saya juga bermarga Hasibuan, tp banyaknya tafsiran tentang sejara hasibuan ini, membautku ragu yang mana sebenarnya

    BalasHapus
  5. Saya catat sitambok dari Bapa saya begini kahanggi :
    Raja Batak, keturunannya:
    1. Ompung Tatai Bulan (Pasaribu)
    2. Raja Isombahon
    Keturunan dari Raja Isombahon
    1. Sori Mangaraja
    Keturunan dari Sori Mangaraja :
    1. Sorba di jae
    2. Sorba di julu
    3. Sorba di banua
    Keturunan dari Sorba di banua :
    1. Sibagot ni pohan
    2. Sipaet tua
    3. Silasabungan
    4. Siraja oloan
    5. Siraja huta
    6. Siraja sumba
    7. Siraja sobu sobu
    8. nai pos pos
    Keturunan dari Siraja sobu sobu :
    1. Boru tinandangan
    2. Raja hasibuan
    Keturunan dari raja hasibuan
    1. Raja manjalo
    2. Guru mangaloksa
    3. Guru marjalang
    4. Guru hinobahan
    5. Guru maniti
    Keturunan dari guru mangaloksa :
    1. Huta barat
    2. Huta galung
    3. Panggabean
    4. Huta toruan
    Keturunan dari huta toruan
    1. Lumban tobing
    1. Hutapea
    Keturunan dari lumban tobing
    1. Namora sende
    Keturunan dari namora sende :
    1. Ompu sominda
    2. Ompu sodongoran
    3. Botung
    4. Ompu tarongga
    5. Ompu jobur
    Keturunan dari Ompu jobur :
    1. Datunalobi Banualahi
    Keturunan dari datunalobi banualahi
    1. Halihi bangar
    2. Tabuk jongok
    3. tabu rahuti
    Keturunan dari Halihi bangar :
    1. Baginda imom
    2. Jaikum
    3. Linggoman
    4. Marisi
    Keturunan dari Linggoman :
    1. Jatudosan (Oppung saya)
    2. Majid
    3. Dasip
    4. Tialar (perempuan)
    5. Marianna (perempuan)
    6. Kasiba
    7. Mara iman
    8. Mara hajat
    Keturunan dari oppung saya (jatudosan)
    1. Pakih Syamsuddin (Ayah saya)
    2. Mara halim (uda)
    3. Dombir (bou)
    Anak dari Ayah saya :
    1. Ali muddin
    2. Syafiruddin
    3. Hasan Ashari
    4. Solih Dasopang
    5. Khairuddin
    6. Ahmad Dasri (orang terganteng se jagad raya kata mamak saya)

    Jadi saya adalah keturunan raja batak ke-XVI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raja sobu itu keturunan no 5...

      Hapus
    2. Saya Panggabean Lumban Ratus nomor 16. Sharing aja Apara; Keturunan dari guru mangaloksa :
      1. Huta barat
      2. Panggabean
      3. Huta toruan
      4. Guta galung

      Keturunan Panggabean:
      2.a Panggabean Lumban Ratus
      2.b Panggabean Simorangkir
      2.c Panggabean Lumban Siagian
      Keturunan dari huta toruan
      1. Lumban tobing
      1. Hutapea

      Keturunan dari lumban tobing:

      Menurutku Keturunan Lumban Tobing tetap bermarga Lumban Tobing (Tobing)
      Kalo ngebaca tulisan Apara, seolah-olah ada marga baru dari garis Lumban Toruan, yang bisa menyesatkan pandangan/ pengetauan orang lain/luar.

      Tapi kalo mau ambil garisnya apara sih OK lah dengan tetap menambahkan Marga dibelakang nama.
      Cocok Apara ku..

      Hapus
    3. horas Bapak Uda.. saya Panggabean Lumban Ratus no 17. boleh tau, bapak udah tinggal dimana ya? kok saya baru tau sama bapak udah lewat blog ini? Bapak saya Rommel Panggabean, dari Hutanabolon.. apa bapak Uda kenal?

      Hapus
    4. Klu saya keturunan ke berapa..oppung sya..mangaloksa_ jabaragas Hasibuan lappak _ japulungan _ jaronda..

      Hapus
    5. Horas saya dari keturunan raja Hasibuan raja manjalo.keturunan XIV.

      Hapus
    6. Saya hasibuan dari padang bolak.tepat nya dulu lobu atau kampung leluhur kami dulu pasaran.dan lobu ini sekarang sudah di tinggali lagi .kami sudah menyebar dari sana.saya hanya ingin berbagi ilmunya keeda saudara semua.tentang tarombo tadi siapa yang bawak kami ke lonu tersebut.

      Hapus
  6. ass....
    saya hasibuan juga.....
    saya berasal dari sosa
    (sekarang kabupaten padang lawas)
    jujur saya juga memiliki sitambok yang menyatakan saya juga keturunan raja batak.....
    tapi dari tulisan di atas ini semua menjadi rumit....
    apa ada ndak rujukan lain yang bisa sedikit lage bisa menjelaskan ini semua.....?
    tolong di balas ya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. O kahanggi marsapa majo au adong do di bege hamu parmarga hasibuan natinggal labusel najolo parbatasan tapsel dohot labuhan batu

      Hapus
    2. Aku udh mengembangkan marga Hasibuan 2 org,dan 2 org boru Hasibuan.
      Berarti 2 generasi nnti yg mengembangkan lagi.Yaitu dari dua org anak laki2 ku.

      Hapus
    3. Dasopang itu hasibuan juga ya?
      Ada yg bilang gitu jadi bingung

      Hapus
  7. maaf saya mau nanya kebetulan tunangan saya bermarga hasibuan (perempuan),karna saya bukkan orang medan apakah saya membeli marga untuk nikah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya "orang Batak" tidak membatakkan suku lain.

      Jika "suku Batak" membatakkan suku lain,
      Apakah mereka siap di suku kan ke suku lain?

      Pasti tidak, karena garisnya akan hilang.

      Saya kira tidak membeli, karena apabila marga diperjual belikan........ Hmmm saya mikir....

      Setahu saya membayar sesuai dengan kesepakatan dari keluarga besarnya marga bersangkutan, namanya akan menjadi "orang tua adat" karena Orang Tua asli kita tidak akan berubah dengan ikut "orang tua adat" kita.

      Demikian dari pengenalan di masa modern sekarang.

      Hapus
    2. Berarti saya tdk salah membuat nama anak saya 1.rahmad fajar wijaya sitompul 2 surya ningsih wijaya sitompul 3 sinar sulastri wijawa sitompul 4 bintang annisa wijaya sitompul rupanya ompui raja toga sobu dilahirkan dri perut keturunan maja pahit syukur lah tondi mereka menerima

      Hapus
    3. aku juga ingin pakai nama wijaya untuk anakku

      Hapus
  8. HORASSSS........
    Saya adalah Keturunan Siraja Hasibuan dan kami adalah keturunan siRaja Mangaloksa. Saya berdomisili di Pematang Siantar

    BalasHapus
  9. MHD.IQBAL ASSEGAF HSB
    horas ma sasudena kou-koum naadong dijae dohot dijulu sae marhorasan ma. dohot gabe-gabe ma hita sudena dohot lancar sudena urusanna.
    au inda setuju i dokkon ma marga hasibuan SUKU MANDAILING.

    BalasHapus
  10. au marga dasopang sutan doli, sutan garang, boto amu do raja i? heheeheehe

    BalasHapus
  11. Nama : Heru Christanto Hasibuan
    Asal : Kisaran - Asahan - Sumut

    ahu Hasibuan Daturara nomor 15 ( molo dang salah )
    hehehehe
    Horas ma di hita !

    sulit sekali menemukan marga Hasibuan di tempat saya kuliah di Undip.
    syukurnya ada beberapa keluarga kita yg saya temukan, seperti Hutabarat, Panggabean, dan Tobing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HORAS APPARA ...
      Sama kita bah...tp aku no 14, siapalah nama oppung kita dari daturara kalau aku op.Marjombing...

      Hapus
    2. Saya juga hasibuan haha find me ln instagram @dian_hasibuan

      Hapus
    3. Saya juga hasibuan haha find me ln instagram @dian_hasibuan

      Hapus
    4. Saya pun Daturara Op.Pabubunan Hasibuan no.15

      Hapus
    5. Saya daturara dari op.raja panarsar

      Hapus
  12. horas tu akka oppung Hasibuan. Saya Khairunnas Panggabean Simorangkir No 15 asal tapanuli tengah. Kalau cerita batak, yang saya ingat hanya kalimat " Makkuling do Mudari". Kalau hasibuan saja BINGUNG kebenaran tarombo, apalagi Kami keturunan di bawah hasibuan. Tapi tetap saja kalau kita gk mau di sebut batak Dalle, kebenaran harus selalu di cari dan pastinya hanya pribadi dan perdamaian dengan pikiran dan hatilah kita mengakui suatu kebenaran ( Pedoman Filsafat ). Mauliate tu akka generasi na di tua hon.. Horas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemanalah Bou.. Tapi tetapnya Opung kita.

      Tapi saya pernah hampir celaka lah Bou.

      Ada tetangga (dulu) Kenal pertama ngakunya Hasibuan..
      Kupanggil Opung. Rupanya Panggabean Simorangkir dianya Bou, nomor 19 pula itu.. Semenetara aq Panggabean Lumban Ratus nomor 16 Bou..

      Hapus
  13. Maharani : kenapa gak mau d blng batak

    BalasHapus
  14. @Hasibuan 666: Maksudnya si Khairunnas Simorangkir itu tidak mau disebut Batak "Dalle", bukan tidak mau disebut Batak. "Dalle" itu artinya orang Batak yang tidak tahu menahu lagi tentang marga bataknya ataupun adat bataknya ataupun bahasa bataknya. Itulah yang dimaksud Batak Dalle dan tidak ada orang Batak yang mau dipanggil Batak "Dalle"

    BalasHapus
  15. ass....
    appra " sya hasibuan jugak ni terlahir di riau 'kota dumai"
    kecamatan bukit kayukapur
    setelah di baca kok mirip ya sama perjalanan sya tu
    dan 1 hal kita harus tetap kompak
    pokok nya bagi yang kurang meresap untuk kita para hasibuan mohon di jelas kan lagi agar dapat di mengerti
    wasslaM,,,,
    horasS

    BalasHapus
  16. HORAS.......
    Ne ANDI PUTRA HASIBUAN kelahiran kisaran tempat tinggal di Rimba Melintang Kab.Rokan Hilir
    Terima kasih ya Appara-apparaku.....
    Dah mau ngasi tentang silsilah Hasibuan....

    BalasHapus
  17. HORAS TORKIS IMA TU KAHANGGI SONGONI MUSE TU IBOTOKKU SASUDENA...
    JAYA MA NIAN HASIBUAN DOHOT TU POPPARAN NAI...

    BalasHapus
  18. Keberadaan Raja Batak sekitar thn 1200 an,sementara di Padang Lawas sdh berdiri kerajaan Mandala Holing sekitar thn 500 s/d 1400.Kerajaan Mandala Holing bermula berdiri di tepi sungai Pane/Batang Pane didaerah Portibi Padang Lawas Utara.

    BalasHapus
  19. santabi bah di akka na parjolo, natua tua nami dohot haha anggi nami

    au hasibuan do

    taringot tu tarombo i ai songon na asing do sian na di ajarhon ni natua tua ku tuau dohot na binaen munai

    BalasHapus
  20. pingin deket sama sodara hasibuan,tapi kok kayaknya rumit yaaa,ayahku pake marga hasibuan tapi ngga diturunin ke saya,mohon dong enjelasannya,sejujurnya masih bingung sih hhehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang agak tragis ketika orde baru, batak diaspora seringkali tidak boleh mencantumkan marga pada akta kelahiran anaknya. ini saya alami anak pertama saya tidak boleh pakai marga hasibuan. jadi erwin tanya sama ayahnya tentang tarombo. Kalau tidak tau sama sekali tarombo ya dibilangin orang hasibuan na lilu. atau erwin trace sendiri dari persebaran anak raja hasibuan.

      Hapus
  21. HASIBUAN KOMPAK TERUS, TERMASUK PARHADOP DI MANDAILING NATAL

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. udah pada berlarian ku lhat cerita ya ini..

    BalasHapus

  24. kloster sitompul28 Juli 2015 23.19

    Berarti saya tdk salah membuat nama anak saya 1.rahmad fajar wijaya sitompul 2 surya ningsih wijaya sitompul 3 sinar sulastri wijawa sitompul 4 bintang annisa wijaya sitompul rupanya ompui raja toga sobu dilahirkan dri perut keturunan maja pahit syukur lah tondi mereka menerima


    BalasHapus
  25. Saudara saudari sekalian. Saya sitompul sibange bange. Apa iya sitompul ada keturunan kerajaan majapahit?

    BalasHapus
  26. horas...jumolo au naeng marsitandaan ...au marga Lumban Tobing no 18 pinompar ni dope si Guru Mangaloksa Hasibuan...mauliate

    BalasHapus
  27. horas...jumolo au naeng marsitandaan ...au marga Lumban Tobing no 18 pinompar ni dope si Guru Mangaloksa Hasibuan...mauliate

    BalasHapus
  28. Tolong di perjelas ibunda si hasibuan yg si boru basopaet ( boru majapahit ) saudari si raden wijaya atau anak cucu dari raden wijaya, dan cek lg jamannya raden wijaya itu naik tahta dan wafatnya sekitar 1279 M s/d 1309M. Trims.......infonya tentang Si Hasibuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabe, itu lah knp disebut Legenda Raja Hasibuan, kerna minimnya data fakta tentang sejarah Hasibuan. Terlepas dari benar atau tidak, dengan mengetahui semua kisah dan pendapat2 orang tua kita adalah bentuk kepedulian kita kepada leluhur dan marga kita.

      Hapus
    2. Gabe, itu lah knp disebut Legenda Raja Hasibuan, kerna minimnya data fakta tentang sejarah Hasibuan. Terlepas dari benar atau tidak, dengan mengetahui semua kisah dan pendapat2 orang tua kita adalah bentuk kepedulian kita kepada leluhur dan marga kita.

      Hapus
  29. horas ompung nami..
    molo boi, dohot hon jo urutan siangkangan sian pomparan guru mangaloksa. sae maos do marbadai panggabean dohot hutabarat alani marlumba mandok siangkangan.

    BalasHapus
  30. Wah, saya juga ada marga hasibuan di belakang, senang punya banyak saudara. Salam kenal, temuin saya di instagram @dian_hasibuan

    BalasHapus
  31. Wah, saya juga ada marga hasibuan di belakang, senang punya banyak saudara. Salam kenal, temuin saya di instagram @dian_hasibuan

    BalasHapus
  32. Sama hita appara. Au pe hasibuan aek suhat appara. Au nangge mangarti au sila2 ni hasibuan on.

    BalasHapus
  33. Kami yg tertualah bisa dibilang. Hehe. Raja Situstus 17

    BalasHapus
  34. Horas Tulang cantik Hasibuan..Mata ni Ari Simanjuntak Parsuratan do hamu..sesuai umpasa : Mangula ma pangula dipasahe dohot duhutduhut
    Molo burju martulang,dipadao mara marsundut-sundut

    BalasHapus
  35. Horas kepada sluru appara saya nama saya sutan hasibuan mengenaiyg tinggal diselatan saya sendiri tinggal diselatan tepatnya labuhan batu selata dimasalalu oppung saya yg mrantatau daritoba keselatan tepatnya disitungguk situngguk yg merupakan daerah perbatasan labusel paluta tapsel sosa dan riau dan nama orang terdahulu saya adalah oppuni hobol dan abang nya msi tinggal ditoba namanya datunalumuton dan kami msi kturunan guru mangaloksa dan dari masalalu orang orang terdahulu saya tetap memakai marga hasibuan mengenai itu bisa saya buktikan danjika ada kesalahan dalm tutur sapa saya terlebi dahulu saya minta maaf mauliate

    BalasHapus
  36. Horas, salam kenal. Saya Tommy Adrian Maruli Hutapea. Saya Hutapea Unok keturunan nomor 13. Saya tinggal di Sumatera Selatan. Tuhan memberkati kita semua

    BalasHapus
  37. Istri sy boru hasibuan yaitu hasibuan botung. Istri sy pingin thu silsilah hasibuan. Bagi hasibuan botung kbri kmi y

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. SILSILAH MARGA HASIBUAN
    Saya catat sitambok dari Bapak saya begini kahanggi :
    I. Raja Batak, keturunannya:
    1. Raja Bontungon glr.Guru
    Teteabulan
    2. Raja Isumbaon
    II. Keturunan dari Raja Isumbaon
    1. Tuan Sori Mangaraja .
    2. Raja Asiasi (Tunggulnijuji) .
    3. Sangkarsomalidang
    (Langkasomalidang)
    III.Keturunan dari Tuan Sori Mangaraja
    1.Ompu Rajanabolon (Ompu Raja
    Niambaton)
    (Tubu ni Nai Ambaton)
    2.Raja Mangarerak (Tubu ni
    Nairasaon)
    3.Tuan Sorbadibanua (Tubu ni Nai
    Suanon)
    IV. Keturunan dari Tuan Sorbadibanua :
    1. Sibagot ni pohan
    2. Sipaet tua
    3. Silasabungan
    4. Siraja oloan
    5. Siraja hutalima
    6. Siraja sumba
    7. Siraja sobu
    8. Naipospos
    V. Keturunan dari Siraja sobu:
    1. Raja tinandang/Sitompul
    2. Raja hasibuan
    VI.Keturunan dari raja hasibuan
    1. Raja manjalo
    2. Guru mangaloksa
    3. Guru marjalang
    4. Guru hinobaan
    5. Guru maniti
    VII.Keturunan dari guru mangaloksa :
    1. Hutabarat
    2. Hutagalung
    3. Panggabean
    4. Hutatoruan
    VIII.Keturunan dari hutatoruan
    1. Lumban tobing
    2. Hutapea
    IX.Keturunan dari lumban tobing
    1. Namora Sende
    X. Keturunan dari Namora Sende :
    1. Ompu sominda
    2. Ompu sodongoran
    3. Botung
    4. Ompu tarongga
    5. Ompu jobur
    XI.Keturunan dari Ompu jobur :
    1. Datunalobi Banualahi
    XII Keturunan dari Datunalobi
    banualahi:
    1. Ompu ni ijuk .
    2. Napitung geduk
    3. Halihi bangar
    4. Tabu jongok
    5. Tabu rahuti .
    6. Kembali ke Garoga .
    7. Meninggal kecil
    XIII. Keturunan dari Tabu jongok:
    1. Jasinandean
    XIV.Keturunan dari Jasinandean:
    1. Japandapotan .
    2. Imam sultoni .
    3. Silok .
    4. Jahinati
    XV. Keturunan dari Silok:
    1.Muhammad kahar
    2.Siti rumiah (Perempuan)
    3.Satia
    XVI. Keturunan dari Muhammad kahar:
    1.Mara luat
    2.Torang
    3.Muhammad sayur
    4.Muhammad nawi
    5.Pantas
    6.Panaluhon
    XVII. Keturunan dari Mara Luat:
    1.Pangadilan
    2.Balawan
    3.Siti laung (Perempuan)
    4.Nurlan (Perempuan)
    5.Raja batak
    6.Suharto P.
    7.Siti rajana (Perempuan)
    8.Qoharuddin agung
    XVIII. Keturunan dari Suharto P.:
    1.Suranto P.
    2.Septia annisa P.(Perempuan)
    3.Aldi Muhammad P.
    4.Akbar Muhammad P.

    Jadi saya Drs. Suharto P. adalah keturunan raja batak ke-XVII

    Medan, 05 Februari 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf amang nami molo namorasende lumban tobing nmr 6 doi sian hutatoruan alias nmr 7 sian guru mangaloksa hasibuan.

      Hapus
    2. maaf di sude koum na marmarga hasibuan naadong di luat ni bataraguru saparbinotoanku namaroban marga HASIBUAN tuluat ni barumun dan sekitarnya ompung guru marjalang do namambangun huta hasahatan di sibuhuan dung mamora ompungi (kayo) diganti ia ma gornia manjadi Namora sende ima nadikuburkon di parattobing pasarmatanggor adongpe ompung guru mangaloksa tinggal di toba doia dohot kuburanna pe di toba doi sudah dibangun jg tugunya begitu jg ompung raja marjalo tugunya sudah di bangun jadi ada tiga tugu di lobu si gala gala satu tugu raja Hasibuan kedua tugu raja marjalo ketiga tugu guru mangaloksa adapun guru hinobaan merantau ke sipirok guru marjalang ke sibuhuan di botung guru maniti tu barus dari barus kanarnya belia merantau lg ke aceh ima nahuboto koum anggo stambuk au pe maniop do sada buku.W.A 083896312305

      Hapus
    3. Parmisi jo saudara,, au hasibuan sian padang lawas kecamatan huristak,, au asli keturunan dari raja hasibuan di kecamatan huristak, raja i na jolo mar gelar TUKKOT NI RAJA, bagas godang na sonnari di huristak godang,, kuburan ni raja hasibuan huristak bertempat dihuta ramba,. Adong do kira2 diboto hamu saudara cerita na bope na saotik, harana ompung nami madung maninggal sude na, orang tua nami na jolo pangaratto do sebagian halak na bandal, jadi inda pala di pahami halei sitambok,,. Por rohaku saudara manjalaki si tambok ku,,. Anggo adong di boto hamu tempat na paham masalah sitambok di luat barumun kabari hamu jo tu au saudara so u jumpai halak nai, sanga idia sajo alamatna, idia sajo na adong garis keturunan raja hasibuan di luat barumun saudara bantu hamu jo au mangido tolong.. On ma nmor WA ku 082284070654,.

      Hapus
    4. Sattabi majolo tuhamunu uda, molo hu ligin sian tarombo na di baen ni uda i. Adong hu ida disi guar na Muhammad Nawi keturunan XVI, i ma oppung ni Ayak ku di bagas. Tanjung Siram Labuhan Batu Sumatera Utara. Tola do hupangido jolo nomor ni HP munu so patakkas tarombo on, molo na huida inda pola na dao jarakna tu halak uda molo halak uda sian Keturunan Mara Luat

      Hapus
  43. saya berasal dr palas sibuhuan berarti gelar sy hasibuan guru parjalang

    BalasHapus
  44. Horas tu amang tua .namboru.kahanggi /dongan tubu dari ompu guru hinabaon hasibuan .saya keturunan guru hinabaon nmr 15 sian ompu raja tinggi .yg tingggal di huta tinggi .klo dari cerita ompung kami guru maniti guru maniti dulunya tinggal sama abangnya guru hinabaon ,jadi setelah guru maniti meninggal maka diangkat guru hnabaon ma anaknya guru maniti .

    BalasHapus
  45. Jadi keturunan guru maniti mengaku anak dari guru hinabaon .makanya sampe sekarang klo da yg mau mencari keturunan guru maniti .gak bakalan ketemu lagi .sebab keturunanya telah menjadi anak ompung kami yaitu guru hinabaon hasibuan .horas ma tu keturunan ompung raja hasibuan/ompung boru simatupang .dan jangan lupa kita sama hula2 kita marga simatupang .

    BalasHapus
  46. Asal/huta kami dari Desa Hambulo Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara Sumut, tks

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Saya hasibuan keturunan ke enam dari opung yang merantau ke malintang jae di sekitar panyabungan ayah saya bercerita kalau kami asalnya dari keturunan hasibuan yakni raja manjalang/guru marjalang yang merantau ke sibuhuan, saya namun saya besar di sumatera barat dan merantau sendiri ke ibu kota, saya berusaha merunut asal usul darah hasibuan saya juga, mohon infonya bagaimana kita dapat merunut nenek moyang kita ini, terutama bagi saudara2 sedarah saya yakni cucu2 ompung siraja hasibuan

    BalasHapus
  49. Hasibuan Menikah dgn anaknya Boru Lumban tobing bolehkah?
    Misal pnya pasangan Simanjuntak, tp mamanya Lumban Tobing, bolehkah menikah?

    BalasHapus
  50. Permisi tu sude dongan,,, jika ada yang mengetahui kuburan dari raja raja hasibuan di luat barumun (padang lawas dan padang lawas utara), saya minta info tempat tinggalnya, karena dimana ada kuburan dari raja2 keturunannya pasti ada yang mengetahui sitamboknya walau hanya sedikit. Saya hanya ingin mencari kebenaran walaupun nanti berbeda pendapat,..
    Mohon info via WA 082284070654 hanya menerima chat.. Tarimokasih tu sude koum dohot dongan

    BalasHapus
  51. Dasopang itu hasibuan juga ya?
    Ada yg bilang dasopanh hasibuan juga jadi bingungg🤔

    BalasHapus
  52. Bagaimana caranya bisa menemukan silsilah hasibuan sy

    BalasHapus
  53. Saya Boru Hasibuan dasopang..
    Yang tau silsilah dasopang..kabari ya...

    BalasHapus